NITROGEN / N2 / 氮气

NITROGEN adalah gas yang serba guna. Unsur kimia ini bersifat tidak berwarna, tidak berbau, tidak beracun dan bersifat kimiawi inert. Nitrogen tidak mudah terbakar dan mampu menekan proses pembakaran. Selain itu, seperti gas inert memiliki efek asphyxiating. Nitrogen dapat dipakai dalam berbagai aplikasi di sektor industri dan penelitian karena sifatnya yang non-reactive terhadap bermacam – macam jenis bahan.

Dalam industri kimia dan minyak bumi, gas nitrogen aplikasi termasuk reaktor inerting dan tangki penyimpanan, membersihkan pipa gas yang mudah terbakar atau beracun. Juga berguna sebagai tekanan untuk mentransfer cairan.

Dalam industri logam, nitrogen digunakan dalam berbagai macam aplikasi yang berhubungan dengan pekerjaan berbahan besi. Untuk degassing (menghilangkan gas), membersihkan dan pendinginan. Hal ini juga digunakan sebagai  aluminium extrusion inerting. Untuk laser cutting, nitrogen digunakan sebagai gas membantu untuk memotong laser stainless steel, aluminium dan bahan non-logam.

Industri Makanan menggunakan nitrogen cair untuk membekukan makanan, menghasilkan produk berkualitas tinggi. Selain itu, Nitrogen digunakan dalam pembuatan bir, minuman ringan dan industri pembuatan anggur untuk mengeluarkan udara dari produk dan menghapus / menghilangkan air. Nitrogen menahan oksigen agar tidak merusak makanan yang disimpan, mencegah lemak dan hilangnya nutrisi dan gizi sehingga sangat berguna dalam hal pengawetan makanan.

Industri medis akan menggunakan nitrogen dalam pembedahan cryogenic (suhu rendah) , dimana Nitrogen digunakan dengan aman untuk menghapus seperti kutil pada manusia dan hewan dengan menggunakan tips semprot atau pendeteksi yang melekat di aplikator kriogenik. Selain itu, Nitrogen Cair dapat digunakan untuk menyimpan medis sampel seperti darah, plasma & sperma.

Panas pengobatan, nitrogen murni digunakan untuk melindungi beberapa logam yang paling reaktif selama perlakuan panas. Logam ini mudah membentuk pelindung oksida lapisan permukaan dari jumlah kecil oksigen dalam nitrogen dan perlu ada perlindungan lebih lanjut.